KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya.
|
1.1 Bertambah keimanannya dengan menyadari pekerjsaan
survey dan pengukutan.
1.2 Menyadari kebesaran Tuhan yang mengatur
karakteristik permukaan bumi sehingga
memiliki perbedaan permukaan yang sesuai untuk kehidupan manusia di muka bumi.
|
2.
Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong
royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif, dan
menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
|
2.1 Menunjukan perilaku ilmiah (memiliki rasa
ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat, tekun, hati-hati, bertanggung
jawab, terbuka, kritis, kreatif, inofatif, dan peduli lingkungan ) dalam
aktifitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan
percobaan dan berdiskusi
2.2 Menghargai kerja individu dan kelompok
dalam aktivitas sehari-hari dalam wujud implementasi melaksanakan percobaan
dan melaporkan hasil survey dan pengukuran permukaan tanah.
|
3. Memahami, menerapkan dan menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, procedural dan metakoknitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan
procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk untuk memecahkan masalah.
|
3.1
Memahami dan
Menemutunjukkan peralatan dasar survai
a. Memahami tujuan
pekerjaa survai dalam ukur tanah dan
pemetaan.
b. Memahami macam-macam
alat survai.
3.2
Membuat garis
lurus dan memperpanjang garis lurus di
lapangan dengan alat ukur tanah sederhana (yalon, pita ukur atau meteran
rool,)
a. Membuat garis lurus
dan memperpanjang garis lurus.
b. Menentukkan titik
potong dari dua garis lurus yang bersilang .
c. Membuat garis siku
atau tegak lurus dengan menggunakan
perbandingan garis 3 : 4 : 5
d. Mengukur jarak di
lapangan dengan pita ukur atau meteran.
e. Mengukur jarak yang
terhalang bangunan, sungai
3.3 Mengukur jarak dan beda tinggi garis lurus di lapangan dengan alat ukur
tanah sederhana Sipat datar ( Pesawat Waterpass).
a. Menjelaskan kegunaan
alat ukur sederhana dalam pekerjaan
pengukuran tanah
b. Menjelaskan
fungsinya masing-masing tombol dalam pesawat waterpas.
c. Menentukan
titik-titik dilapangan yang akan di ukur.
d. Menempatkan
diantarara 2 titik dan menyetelnya.
e. Mengukur jarak datar
dan beda tinggi di lapangan.
f. Menghitung dan
menggambar berdasarkan hasil pengukuran.
3.4
Mengukur
jarak dan beda tinggi pada
polygon tertutup di lapangan dengan alat ukur tanah sederhana Sipat datar (
Pesawat Waterpass).
a. Menentukan
titik-titik dilapangan yang akan di ukur dengan bentuk polygon tertutup.
b. Menempatkan pesawat diantarara tengah-tengah titik poligon dan menyetelnya.
c. Mengukur jarak datar
dan beda tinggi dan sudut di lapangan.
d. Menghitung, membuat
tabel pembacaan dan menggambar berdasarkan hasil pengukuran.
3.5
Mengukur
jarak dan beda tinggi dan sudut
pada pengukuran beda tinggi di lapangan dengan alat ukur tanah Theodolit sederhana ( Pesawat Theodolit).
a. Menentukan
titik-titik dilapangan yang akan di ukur dengan bentuk memanjang di jalan raya.
b. Menempatkan pesawat diantarara tengah-tengah titik dan menyetelnya.
c. Mengukur jarak datar
dan beda tinggi dan sudut kemiringan di lapangan.
d. Menghitung, membuat
tabel pembacaan dan menggambar berdasarkan hasil pengukuran.
|
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak
secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah
keilmuan..
|
4.1
Memindahkan ukuran jarak dan beda tinggi di gambar ke lapangan
kerja dengan alat ukur tanah sederhana Sipat datar ( Pesawat Waterpass).
a. Menentukan
titik-titik dilapangan yang akan di ukur dengan bentuk memanjang di jalan raya.
b. Menempatkan
titik-titik dan pesawat diantarara dua
titik dan menyetelnya.
c. Mengukur jarak datar
dan beda tinggi dan sudut kemiringan di lapangan.
d. Menghitung, membuat
tabel pembacaan dan menggambar berdasarkan hasil pengukuran.
e. Menentukan
titik-titik dilapangan yang akan di ukur.
f. Menempatkan pesawat diantarara tengah-tengah titik dan menyetelnya.
g. Mengukur jarak datar
dan membuat siku-siku.
h. Menghitung, membuat tabel pembacaan dan
menggambar berdasarkan hasil pengukuran.
4.2
Mengenali diri dan lingkungan ,
untuk merencanakan masa depan dan
mampu mengatasi hambatan yang akan datang.
a. Mengenal kepribadian
sendiri.
b. Mengenal lingkungan
masyarakat dan industri.
c. Merencanakan masa
depan.
d. Mengenal sumber-sumber
hambatan.
e. Mampu mengatasi hambatan
yang terjadi .
4.3
Keselamatan dan kesehatan kerja, untuk
mencegah kecelakaan.
a. Memahami keselamatan dan kesehatan kerja.
b. Memahami peraturan
K3.
c. Memahami pencegahan
dan penanggulangan kecelakaan
|
Senin, 28 April 2014
Pekerjaan Survei dan Pengukuran : 4 JP x 1 Semester.(Teknik Gambar Bangunan – Kelas X)
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar