Senin, 28 April 2014

Pekerjaan Survei dan Pengukuran : 4 JP x 1 Semester.(Teknik Gambar Bangunan – Kelas X)

KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.      Menghayati dan mengamalkan ajaran  agama yang dianutnya.
1.1     Bertambah keimanannya dengan menyadari pekerjsaan survey dan pengukutan.
1.2     Menyadari kebesaran Tuhan yang mengatur karakteristik permukaan bumi  sehingga memiliki perbedaan permukaan yang sesuai untuk kehidupan manusia di muka bumi.


2.      Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif, dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
2.1     Menunjukan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat, tekun, hati-hati, bertanggung jawab, terbuka, kritis, kreatif, inofatif, dan peduli lingkungan ) dalam aktifitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi
2.2     Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari dalam wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil survey dan pengukuran permukaan tanah.
3.      Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, procedural dan metakoknitif  berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk  untuk memecahkan masalah.
3.1        Memahami dan Menemutunjukkan peralatan dasar survai
a.       Memahami tujuan pekerjaa survai  dalam ukur tanah dan pemetaan.
b.      Memahami macam-macam alat survai.

3.2        Membuat garis lurus  dan memperpanjang garis lurus di lapangan dengan alat ukur tanah sederhana (yalon, pita ukur atau meteran rool,)
a.       Membuat garis lurus dan memperpanjang garis lurus.
b.      Menentukkan titik potong dari dua garis lurus yang bersilang .
c.       Membuat garis siku atau tegak lurus dengan menggunakan  perbandingan garis  3 : 4 : 5
d.      Mengukur jarak di lapangan dengan pita ukur atau meteran.
e.       Mengukur jarak yang terhalang bangunan, sungai

3.3       Mengukur  jarak dan beda tinggi  garis lurus di lapangan dengan alat ukur tanah sederhana Sipat datar ( Pesawat Waterpass).
a.       Menjelaskan kegunaan alat ukur  sederhana dalam pekerjaan pengukuran tanah
b.      Menjelaskan fungsinya masing-masing tombol dalam pesawat waterpas.
c.       Menentukan titik-titik dilapangan yang akan di ukur.
d.      Menempatkan diantarara 2 titik  dan menyetelnya.
e.       Mengukur jarak datar dan beda tinggi di lapangan.
f.       Menghitung dan menggambar berdasarkan hasil pengukuran.

3.4          Mengukur  jarak dan beda tinggi  pada polygon tertutup di lapangan dengan alat ukur tanah sederhana Sipat datar ( Pesawat Waterpass).
a.       Menentukan titik-titik dilapangan yang akan di ukur dengan bentuk polygon tertutup.
b.      Menempatkan  pesawat diantarara  tengah-tengah titik poligon dan menyetelnya.
c.       Mengukur jarak datar dan beda tinggi dan sudut di lapangan.
d.      Menghitung, membuat tabel pembacaan dan menggambar berdasarkan hasil pengukuran.

3.5          Mengukur  jarak dan beda tinggi dan sudut  pada pengukuran beda tinggi di lapangan dengan alat ukur tanah  Theodolit sederhana ( Pesawat  Theodolit).
a.       Menentukan titik-titik dilapangan yang akan di ukur dengan bentuk  memanjang di jalan raya.
b.      Menempatkan  pesawat diantarara  tengah-tengah titik dan menyetelnya.
c.       Mengukur jarak datar dan beda tinggi dan sudut kemiringan di lapangan.
d.      Menghitung, membuat tabel pembacaan dan menggambar berdasarkan hasil pengukuran.

4.      Mengolah,  menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan..
4.1          Memindahkan ukuran  jarak dan beda tinggi di gambar ke lapangan kerja dengan alat ukur tanah sederhana Sipat datar ( Pesawat Waterpass).
a.       Menentukan titik-titik dilapangan yang akan di ukur dengan bentuk  memanjang di jalan raya.
b.      Menempatkan titik-titik dan pesawat diantarara  dua titik dan menyetelnya.
c.       Mengukur jarak datar dan beda tinggi dan sudut kemiringan di lapangan.
d.      Menghitung, membuat tabel pembacaan dan menggambar berdasarkan hasil pengukuran.
e.       Menentukan titik-titik dilapangan yang akan di ukur.
f.       Menempatkan  pesawat diantarara  tengah-tengah titik dan menyetelnya.
g.       Mengukur jarak datar dan membuat siku-siku.
h.      Menghitung, membuat tabel pembacaan dan menggambar berdasarkan hasil pengukuran.

4.2        Mengenali diri dan lingkungan , untuk  merencanakan masa depan dan mampu mengatasi hambatan yang akan datang.
a.       Mengenal kepribadian sendiri.
b.      Mengenal lingkungan masyarakat dan industri.
c.       Merencanakan masa depan.
d.      Mengenal sumber-sumber hambatan.
e.       Mampu  mengatasi hambatan yang terjadi .

4.3        Keselamatan dan kesehatan kerja, untuk mencegah  kecelakaan.
a.       Memahami  keselamatan dan kesehatan kerja.
b.      Memahami peraturan K3.
c.       Memahami pencegahan dan penanggulangan kecelakaan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar